Membedah Keutamaan Zikir dan Munajat

BERZIKIR secara harfiah diartikan menjaga sesuatu agar selalu ingat atau sesuatu yang terucap dalam hati atau lisan. Dalam kitab Lisanul Arab, zikir diartikan sebagai memuji Allah SWT, memuliakan,memohon kepada-Nya dengan bertasbih, bertahmid, bertahlil, dan memuji Allah SWT dengan sebaikbaiknya pujian.

Dengan berzikir, seorang hamba akan mendapat balasan dari Allah SWT baik dalam bentuk zahirmaupun batin. Dalam bentuk zahir, Allah SWT menjanjikan rezeki dari jalan yang tidak terduga.

Sementara dalam bentuk batin biasanya terkait dengan hati berupa ketenteraman, kenikmatan dalam beribadah, dan bertambah kecintaan kepada Allah SWT. Sementara munajat diartikan pembicaraan khusus, rahasia, dan berbisik dalam kaitannya beribadah kepada Allah SWT.

Dalam konteks beribadah munajat merupakan doa yang dilakukan secara khusyuk, tawadu, dan diiringi suara lembut untuk memohon ampunan serta mengharapkan keridaan Allah SWT. Bermunajat merupakan pemberian Allah SWT yang besar karena menimbulkan perasaan halus dan tenang kepada hamba-hambanya.

Kenikmatan dalam beribadah membuat seorang hamba terus berusaha memperbagus dan menyempurnakan ibadahnya. Begitu besarnya manfaat berzikir dan munajat, Rasulullah SAW mengatakan setiap majelis zikir adalah taman-taman surga.Karena majelis zikir sama seperti majelis para malaikat yang selalu memuji dan menyebut nama Allah SWT dengan pujian yang baik.

Dengan demikian,pintu- pintu rahmat akan terbuka dan mengalir kepada hamba-hamba-Nya yang berzikir dan bermunajat. Besarnya,manfaat berzikir dan munajat dibedah secara apik dan ringkas dalam buku Membuka Pintu Rahmatdengan Dzikir dan Munajat karya Gus Arifin dan Ust Yusuf Mansyur.Buku setebal 152 halaman yang diterbitkan penerbit Zikrul Media Intelektual dan bisa diperoleh di Toko Buku Leksika menjelaskan keutamaan berzikir dan munajat.

Buku ini memberikan penjelasan yang komprehensif dari berbagai segi tentang pentingnya berzikir dan munajat. Tidak sekadar hanya berisi kumpulan doa-doa saja,namun mengupas satu per satu setiap ayat dalam surat yang dilantunkan dalam berzikir dan munajat.

Hal itu membuat kita bisa memahami manfaat, faedah,dan keutamaan melaksanakan ibadah zikir dan munajat.Dijelaskan pula sejarah dan kisah diturunkannya setiapayatdansuratyangbiasadibacakan ketika berzikir dan munajat. Mulai Surat Alfatihah,Albaqarah 1-5,Ali Imran 26-27, dan Alan’am 17, dan berbagai doa lainnya.(wasis wibowo)

Sumber: Koran Seputar Indonesia, Jumat 6 Maret 2009

Buruan ke Leksika atau hubungi Layanan Pesan Antar…
>> Leksika Lenteng Agung, Jl.Raya Lenteng Agung No.101, depan PDIP Jakarta Selatan telp.7806566
>> Leksika Rawamangun Square Lt.3, Jl.Pegambiran No.55 (Giant Rawamangun,ex Artomoro, 100m dari terminal Rawamangun) Jakarta Timur telp. 47869277

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s